Wednesday 20 July 2011

CHEMOTHERAPY

Bila kita mendengar kata kemoterapi, akan terlintas dalam pikiran kita tentang penyakit yang mengharuskan dilakukan kemoterapi seperti kanker, tumor atau jenis zat penyebab kanker lainnya. Apa sih yang dimaksud kemoterapi itu? Kemoterapi adalah obat atau zat yang berasal dari bahan kimia yang dapat memberantas dan menyembuhkan penyakit atau infeksi yang disebabkan oleh bakteri, virus, amoeba, jamur, cacing dan sebagainya tanpa merusak jaringan tubuh manusia.
Kemoterapi bermanfaat untuk menurunkan ukuran kanker sebelum dioperasi, merusak semua se-sel kanker yang tertinggal setelah operasi, dan mengobati beberapa macam kanker darah. Ada beberapa cara pemberian kemoterapi. Jika berfungsi membunuh sel kanker secara sistemik, obat diberikan melalui injeksi dan oral. Kemoterapi yang regional berfokus pada organ yang terkena kanker diberikan melalui injeksi dan oral. Terapi ini bisa berperan kuratif atau menyembuhkan. Kemoterapi dapat jadi pengendali kanker dengan mencegah penyebaran, memperlambat perkembangan, membunuh sel kanker yang menyebar, dan mengurangi ukuran tumor. fungsi lain adalah paliatif atau mengurangi gejala kanker,  terutama nyeri. Berdasarkan khasiatnya terhadap hama/ bakteri. Kemoterapi dibedakan atas :
  • Bakterisida adalah obat yang pada dosis lazim berkhasiat untuk mematikan hama, contohnya : alkohol, iodium, sublimat.
  • Bakteriostatik adalah obat yang pada dosis lazim nerkhasiat menghentikan pertumbuhan dan pembiakan bakteri, sedangkan pemusnahan selanjutnya dilakukan oleh tubuh sendiri secara fagositosis (kuman dilarutkan oleh leukosit atau sel-sel daya tangis tubuh lainnya), contohnya antibiotik.
yang termasuk kelompok kemoterapi adalah :
  1. Antibiotik
  2. Sulfonamida
  3. Antiparasitik
  4. Anti virus
  5. Anti neoplastik (sitostatika)
  6. lain-lain
  • TBC
  • Anti lepra

No comments:

Post a Comment